6285722752570

SEKILAS PUB

LATAR BELAKANG
    

Melihat fenomena ditengah-tengah masyarakat dengan banyaknya lulusan SMA/SMK yang berpotensi namun tidak mampu melanjutkan ke perguruan tinggi yang disebabkan besarnya biaya pendidikan pada perguruan tinggi negeri maupun swasta, apalagi ditambah dengan biaya hidup selama mereka mengikuti pendidikan tinggi tersebut. Kebanyakan dari mereka ini adalah generasi muda islam yang kurang beruntung dikarenakan ketidakberdayaan ekonomi orang tua. Namun dibalik itu, mereka memiliki potensi yang sangat tinggi, baik dalam bidang kecerdasan intelektual, emosional, maupun spiritual. Jika hal ini didiamkan maka dapat dipastikan generasi muda islam Indonesia di masa akan datang tertinggal dari saudara-saudaranya yang lain.

Melihat fenomena tersebut, Yayasan Marlina Buchari bekerjasama dengan Yayasan Pendidikan Kader Keuangan Perbankan (YPKKP) tergerak untuk membantu mereka yang kurang mampu tersebut dengan menciptakan suatu sistem pendidikan yang sangat bermanfaat bagi kelanjutan pendidikan umat, mengatasi masalah kemiskinan, dan sekaligus mencerdaskan kehidupan bangsa.

Program ini dikhususkan bagi mereka yang kurang mampu dan yatim piatu untuk melanjutkan pendidikan di Universitas Nasional PASIM, mendapatkan pelatihan-pelatihan, magang kerja, serta membantu penempatan kerja setelah lulus.

VISI

Untuk membuat 2000 lulusan PUB memiliki kualitas dunia dalam pemrograman dan sistem analis pada tahun 2050.

MISI

Melakukan pendidikan berfokus pada penguasaan tekhnologi komputer.
Memberikan pelatihan dalam penguasaan tekhnologi terbaru dari Pemrograman.
Memberikan pelatihan dalam penguasaan berbahasa Inggris.
Memberikan bimbingan rohani untuk mengembangkan generasi dalam etika islam yang dibangun dan moralitas Islamic ethis and morality.

TUJUAN

Membentuk SDM berkualitas tinggi untuk dunia industri local dan internasional dengan kesempatan karier yang baik dan didukung oleh prilaku islami serta berpartisipasi aktif untuk mendukung keberlanjutan program PUB melalui infaq sebesar 20% dari penghasilan mereka.

DESKRIPSI

Pemberdayaan Umat Berkelanjutan (PUB) adalah program beasiswa yang diberikan oleh Universitas Nasional PASIM kepada orang yang memiliki kemampuan diatas rata-rata tetapi kurang dalam segi ekonomi. Di program PUB mahasiswa PUB langsung dijuruskan pada program studi D3 Manajemen Informatika selama 2 tahun masa pendidikan dan 1 tahun terakhir sudah bisa bekerja sambil menyusun tugas akhir.Sejak tahun 2017 beasiswa PUB ini juga membuka beasiswa selain di prodi D3 Manajemen Informatika yaitu S1 Teknik Informatika , S1 Akuntansi, S1 Manajemen, D3 Bahasa Inggris, S1 Sastra Jepang, S1 Psikologi, dimana prodi S1 ini disiapkan untuk menjadi dosen penerus di Universitas Nasional PASIM suatu saat nanti dan menjadi pembina PUB. Selain menerima program perkuliahan, mahasiswa PUB juga menerima berbagai pelatihan yang wajib diikuti seperti program pelatihan pemrograman, program kerohanian seperti pengajian dan hafalan surat, program magang serta ikut serta dalam kepengurusan organisasi PUB.

Setelah selesai mengikuti program perkuliahan, mahasiswa PUB D3 Manajemen Informatika diarahkan untuk langsung bekerja di berbagai perusahaan, untuk bekerja di bidang IT seperti system analiyst, programmer, desainer, implementor dan networking. Yang bermitra dengan atau tanpa bermitra dengan Universitas Nasional PASIM dibidang informatika, karena setiap tahunnya selalu banyak permintaan dari berbagai perusahaan.

Program PUB dibuka pada tahun 2002 sampai sekarang, dan telah banyak menyerap sebanyak kurang lebih  571 orang yang terdiri dari 18 angkatan dari berbagai daerah di Indonesia seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Riau, Pekanbaru, Padang, dan Medan. Program PUB telah menghasilkan lulusan sebanyak 385 orang yang telah bekerja di berbagai perusahaan yang ada di Indonesia. Dengan adanya sistem infak alumni PUB, maka pendanaan beasiswa ini berasal dari sistem infaq alumni tersebut dan Yayasan.Sehingga saat ini  mahasiswa PUB yang direkrut kurang lebih 50 siswa per tahunnya. 

Mencetak lulusan-lulusan yang berkualitas :

IPK minimal 3.25

Mampu membangun software aplikasi berbasis web dan desktop serta mempunyai pengalaman bekerja.

Berakhlak islami. 

Memiliki motivasi, daya juang dan integritas yang tinggi.